Thursday, July 21, 2011

Pepes Tahu Teri


sebenernya hari ini tuh saya pengen masak masakan yang rada elitan dikit gitu, kayak ayam panggang, ato enggak nyobain bikin kue gitu secara waktu itu sempet bikin kue bareng si mpok pake microwave jadinya bukan kue malah kayak bata genteng digoreng .. *yaiyalaahh, menurut lo yeee masak kue pake begituan*
tapi pas baru bangun liat ke dapur, si mami belanja :
1. ayam siihh, tapi cuma kepala ama ati ampela itu juga udah dibumbu goreng
(gagal bikin ayam panggang)
2. tahu, kemangi (heeemmm, *mikir* kue apa yang bisa dibikin pake tahu dan kemangi)
akirnya saya memutuskan buat bikiiiiinnnn *tolong dong efek font nya* "PEPES TAHU TERI" , langsung deh brosing2 di internet cara buatnya, dan semua hasil brosing tulisannya pake Ayam, dapet daging ayam dari mana ??? terus si mami bilang , pake teri .. eyaaaa itu juga sama aja, dapet teri dari mana
sembari menunggu si Pakde (tukang sayur pagi, yang sebenernya gak pagi juga jualannya) dateng, saya menyiapkan bahan-bahan beserta bumbu nya ..

jadi ini nih bahan-bahannya :
1. Tahu (jenis apapun, berapapun)
disini saya pake tahu putih yang 1 persegi gede
2. telur ayam 2, dikocok lepas
3. daun bawang secukupnya
(di cincang halus)
4. daun kemangi secukupnya
(di potong2 kecil)
5. cabe rawit secukupnya sesuai selera
(dipotong2 kecil)

bumbu-bumbunya:
1. bawang putih yang gede 4 siung
2. bawang merah yang lebih gede 4 siung
(intinya bawang merah lebih banyak dar
i bawang putih)
3. garam secukupnya sesuai selera
*itu semua diulek
ah iya, jangan lupa siapin daun pisang, gausah setres dulu nyari daun pisangnya, coba deh keliling komplek rumah, cari2 di kebon tetangga, pasti deh ada yg punya, si mami aja nemu di kuburan tetangga ..

naaahhh proses masaknya,
tahu di ancurin, terserah bisa pake ulekan, pake tangan ato pake sendok, abis itu dicampur ama potongan daun bawang, da
un kemangi, cabe rawit, dan bumbu alus yang tadi diulek, terus dicicip deh itu rasa nya kurang apa.. kurang garem, ya tambahin laaaahhh .. oh iya kata orang biar sedep pake gula, dikiittt aja,
nah diemin dulu deh.. bukan biar kenapa2 tapi ini sembari nunggu si pakde aja sih, yang bawa si pemeran utama kedua kita "TERI"
sambil nunggu Pakde, daun pisang yang akirnya didapet, disiapin, dilap, dipotong2 selebar apa, eh iya jangan lupa sia
pin lidi ato nggak jepretan buat ngiket daun pisangnya.
*teri pun datang*
kembali ke adonan, adonan tadi ditambahin teri + kocokan telur.. terus diambil tiap 2-3 sendok, bungkus pake daon pisang .. kukus deh kira 25-30 menit ..
pepes tahu teri siap dihidangkaaannn :)



naahhh kurang lebih, ini dia hasilnya ......
*bukaaan, ini bukan hasil masakan saya, ini googling aja (sumber : swaberita.com)*

0 comments:

Post a Comment