Monday, October 14, 2013

Surat Keterangan Bebas Narkoba

Untuk beberapa alasan mungkin kebanyakan dari kalian pernah diminta membuat Surat Keterangan Bebas Narkoba (selanjurnya bakal disingkat SKBN). Apa itu SKBN? lah kan td udah dijelasin klo SKBN itu Surat Keterangan Bebas Narkoba, hehehe jadi intinya surat tersebut isinya menyatakan kalo kita bukan atau tidak mengonsumsi Narkotika, nah buat apa surat itu biasanya? SKBN kebanyakn dipake buat melamar pekerjaan seperti CPNS, BUMN atau perusahaan lainnya, selain itu SKBN juga biasanya digunakan bagi calon pelajar di lingkungan Angkatan, Kepolisian, atau sekolah kesehatan.

Beberapa orang mungkin masih belum tau dimana mendapatkan surat tersebut, bagaimana prosedurnya, dan tentu saja berapa harganya. Kebetulan minggu lalu saya baru saja membuat surat tersebut, saya akan informasikan bagaimana cara mendapatkan SKBN.

SKBN bisa didapatkan di Rumah Sakit, Lab, Lab Polres/Polsek, dan BNN. Untuk biaya berbeda-beda, ada yang dibawah 100rb Rupiah, ada yang diatas 100rb. Dimana saya bisa mendapatkan surat tersebuat dengan harga yang paling murah? ketika saya mencari informasi kesana kemari, ternyata RSUD lah tempatnya, tp sayang di Jakarta tidak ada. Kemudian saya mendapatkan info bahwa BNN dapat mengeluarkan SKBN. 

Apa itu BNN? BNN adalah Badan Narkotika Nasional, kantornya terletak di Cawang Jakarta Timur. Tidak perlu berfikir panjang, keesokan harinya saya langsung ke BNN. Kalian hanya cukup membawa 1 buah fotocopy KTP. BNN mengatakan bahwa untuk melakukan tes ini gratis, tapi kalian tetap harus membeli atas tes tersebut seharga 100rb rupiah.

Alur pembuatan SKBN di BNN adalah....
1. Datang ke Gedung BNN, kalau bisa jangan terlalu sore karena prosesnya 2 jam
2. Membeli alat tes narkoba terlebih dahulu di Koperasi, karena letak lab dan koperasi lumayan jauh dan supaya gak bolak-balik jadi beli alat dulu. Koperasi ada di Parkir lantai basement, di sebelah gedung utama. 
3. Masuk ke Lab pemeriksaan, isi Formulir
4. Serahkan Formulir, FC KTP, dan alat tes kepada petugas pendaftaran
5. Kemudian kalian bakal dikasih tempat untuk air kencing (maaf), FYI untuk tes narkoba, air kencing kalian lah yang akan diperiksa
6. Ke kamar mandi untuk mengisi, nah disini kalian bakal ditungguin sama pegawai lab, buat yag cewek bakal ditungguin sama yang cewek, buat yang cowok bakal ditungguin sama yang cowok. Mungkin karena takut palsu kali ya .
7. Nah abis itu kasih ke petugas, lalu tunggu sampe 2 jam untuk keluarnya SKBN
8. Untuk Proses legalisir saya kurang tau karena waktu itu saya lupa untuk minta legalisir

nah begitu deh kira2 cara buat SKBN di BNN, mungkin memang agak lama nunggunya, tp setidaknya bisa sedikit menghemat biaya jika dibandingkan dengan beberapa rumah sakit yang biayanya bisa mencapai 200rb an lebih

terima kasih :)


RALAT (DESEMBER 2014)
- jika diatas saya bilang tidak ada RSUD, maka saya ralat.. di Jakarta banyak RSUD contohnya RSUD daerah jakarta timur, RSUD Pasar Rebo dll (hehehe sorryyy)
- Biaya pembelian alat naik menjadi 125rb
- Untuk Proses legalisir bisa, hanya saja ketika terakhir saya membuat SKBN di BNN, tempat fotocopy nya JAUUUHHH BANGET, jadi alangkah baiknya fotocopy kolektif dan dititipkan kepada yang bawa motor (nb: makasih ya mbak waktu itu saya nitip fotocopy)
- Tidak ada biaya legalisir, bisa ditunggu 5-10 menit
- Saran, lebih baik setelah dapet surat tersebut langsung di legalisir karena yang saya tahu, setelah 3hr surat diterbitkan tidak bisa di legalisir dan harus buat baru. Saya pernah coba legalisir seminggu setelah saya tes, dan ditolak oleh petugas sana. 

UPDATE (MARET 2016) 
- Menurut komen atas nama Magivena Pinintha yang sudah nyoba nelpon ke BNN,  dikatakan bahwa BNN sudah tidak menerima pembuatan Surat Keterangan Bebas Narkoba untuk umum, sayang sekali yaahhh.. padahal BNN kan salah satu pilar penegakan anti Narkoba di Indonesia tsaaahh dan disana ada Lab nya sendiri pulaaa :(
- Saya Mau Upload contoh SKBN punya saya hehehe mungkin bisa jadi referensi (atas dari BNN (hasil legalisir), bawah dari RSUD Budhi Asih)







67 comments:

  1. Mbakkk... Kalo d jakbar ada ga?? Kira2 harganya berapa ya???

    ReplyDelete
  2. @Hady Abdul
    Seperti yang sudah saya tulis, SKBN bisa diperoleh di RSUD, swasta, Polres, lab, maupun BNN
    kalau soal harga tiap rumah sakit beda-beda, kalau di jakarta timur biaya kisaran 110 - 300rb

    ReplyDelete
  3. Mba,kalo untuk jakarta timur dan jakarta selatan paling murah dirumah sakit mana? Soalnya akua hrs dikeluarkan oleh dokter rumah sakit pemerintah mba

    ReplyDelete
  4. “siang buk….”
    “ya siang, ada yang bisa dibantu…”
    “saya mau urus surat bebas narkoba, bisa buk?”
    “bisa…”
    “berapa buk biaya pengurusannya..?”
    “untuk apa ya suratnya?”
    “buat kuliah PPG buk”
    “ow…dua ratus lima puluh ribu..”
    “hmmmm…ow gitu, saya tanya teman saya dulu ya buk…”
    Kabur, gak cukup duit…

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaa...Bisa ne dcoba kalo kemahalan...

      Delete
  5. Waduh fotokopiannya jauh y. Ampun dah. Maksimal boleh legalisir brp banyak mba?

    ReplyDelete
  6. @Darah Merah Muda
    Jakarta Timur paling murah Budhi Asih karna bisa request zat apa aja yg mau di tes, default nya sih 60rb itu 1 zat apa ya klo ga salah

    @vita
    Masa berlakunya 3 bulan

    @leo
    saya belum tau minggu tutup atau enggak, tp kayaknya tutup mengingat pegawainya PNS yang mengikuti libur kalender

    @anonym
    Maksimal nya 10 kayaknya, tapi biasanya sih 5 aja juga udah banyak :D

    *bales komen telas* maaf

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di rsud cengkareng 190.000 (3 test 3zat) klw nambah 1 zat kena 60.000/zat

      Delete
  7. Mba paling murah di bnn ya atau dimana ya mba ada info yg termurah heheheh? Utk proses di bnn dan rsud sama saja kan?

    Makasih infonyaa ;)

    ReplyDelete
  8. Mbak kalo bnn apa hari sabtu tetap buka ya?

    ReplyDelete
  9. Mbak, pelayanan untuk buat surat bebas napza sampai jam berapa?

    ReplyDelete
  10. Ribet amat kak ��
    Buat SKBN itu lewat Dokter yg di Polres saja.
    Bayar 100.000,- doang itu aja cuman 10 menit.

    ReplyDelete
  11. @Rosma
    Paling Murah di RSUD :)
    proses BNN lebih gampang tapi nunggunya lama, kalo RSUD, lebih cepet tp muter2 biasanya alur nya

    @Nikko
    kayaknya tutup karna pegawainya PNS, tp coba hubungi humasnya

    @Fathiyatur Rohmaniyah
    kurang tau sampe jam berapa, tp saya pernah ke BNN jam 3 masih buka pelayanannya

    @Anonymous
    emang siiiihh.. tapi sayangnya gak semua polres bisa cek lab untuk narkoba, fyi polres jaktim (deket jatinegara) nggak bisa :)

    ReplyDelete
  12. Di Kota Saya kota Solo bisa mbak, dan hasilnya pun stelah saya tes urin langsung 10 menit diterbitkan surat SKBN. Saya bayar 100.000,- buat ganti alat test nya. :)

    Salam kenal :)
    Instagram : defa_adenito

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bikinnya dmn gan n persyaratannya apa aja?

      Matur suwun

      Delete
    2. Dimana? Yg biayanya 100 ribu solo

      Delete
  13. tdi sya jg dri bnn.
    krn sblumnya blm ada byangan dan ndak kepikiran nanya ke mbah google jga, sngaja kesananya abis dzuhur, tpi subhanallaah buswaynya lama sangat. jdi smp sana pkul 14.36. ngantri bentar. eeeh pas lgi registrasi online, ktanya wktu mnunjukkan pkul 15.00 dipaksa sruh udahan, pdahal tincgal ngeprint aja. alhasil plang dg tangan kosong.

    #curhat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biaya bikin SKBN di BNN sekarang brapa ya ? Thanks

      Delete
    2. Saya bayar 150 ribu @anonymous

      Delete
  14. @lentera nahdliyin
    tetep semangat, saya juga pernah kesana zonk pas mau legalisisr, lebih dr tiga hari ga bisa legalisisr harus buat baru hehee

    @Anonymous
    kurang tau sekarang, tapi kayaknya bisa di telpon kesana tanya infonya :)

    ReplyDelete
  15. Memangnya tempat legalisirnya dimana ya.

    ReplyDelete
  16. langsung dateng ke bnn nya aja kan kak ? daftar registrasinya disana kan ?

    ReplyDelete
  17. langsung dateng ke bnn nya aja kan kak ? daftar registrasinya disana kan ?

    ReplyDelete
  18. Harga cek narkoba di bekasih berapaan yah bu??

    ReplyDelete
  19. @Soheh Art
    nah maaf saya kurang tau, karna waktu itu nitip :D

    @putri debiyanita
    sewaktu saya terakhir tes, itu langsung daftar disana

    @Rafi Alwan
    maaf, saya kurang tau, beda tempat beda harga :)

    ReplyDelete
  20. infonya BNN udah ga melayani pengurusan SKBN lagi ya min?

    ReplyDelete
  21. Iya betul, barusan saya tlf di (021)-80880011 sudah tidak bisa di BNN lagi, sayang sekali ya, tapi terima kasih blog nya sangat membantu

    ReplyDelete
  22. Saya baru buat tadi jam 9 di polres kudus, jadinya jam 2 siang. Biayanya 150rb.

    ReplyDelete
  23. Saya baru buat tadi jam 9 di polres kudus, jadinya jam 2 siang. Biayanya 150rb.

    ReplyDelete
  24. makasih sharenya.. .bermanfaat banget :)

    ReplyDelete
  25. @Rian Erisman
    Menurut @Magivena Pinintha sudah tidak melayani, mohon maaf saya kurang update

    @Magivena Pinintha
    Terima Kasih sekali infonya, nanti blog akan saya Update :)

    @faris abdullah
    Terima Kasih Infonya.. monggo yang di Kudus :)

    @Yenni Hartati
    Sama-sama :)

    ReplyDelete
  26. wah lumayan mahal ya, makasih infonya kak jd persiapan bawa uang lebih deh

    ReplyDelete
  27. NICE SHARE. SAYA JUGA PENGEN BUAT. TAPI SAYA BROWSING DULU DI INTERNET. EH ADA INFO MENARIK. JADI SAYA TDAK PERLU KE BNN LG. KARENA SUDAH TIDAK BISA LAGI DIBUAT DI BNN.

    ReplyDelete
  28. kalau BNN cawang gak nerbitin SKBN, ada lagi gak tempat yang lain?

    ReplyDelete
  29. keterangan bebas narkoba berlaku berapa lama ya

    ReplyDelete

  30. numpang share pengalaman aje
    buat yg jakarta selatan, bintaro
    gw kena 220ribu di rs bhayangkara ciputat
    udh dapat SURAT KETERANGAN BEBAS NARKOBA, Surat keterangan tak buta warna, dan SURAT KETERANGAN BERBADAN SEHAT.jam buka senin jumat 7pagi sampe 12siangogw kena 220ribudi rs bhayangkara ciputatudh dapat SURAT KETERANGAN BEBAS NARKOBA, Surat keterangan tak buta warna, dan SURAT KETERANGAN BERBADAN SEHAT.jam buka senin jumat 7pagi sampe 12siang

    Bagi tips aja, kalo mau dpt skbn mending telpon dulu rumah sakit deket rumah, bisa skbn ga?harganya brp, jam operasionalnya brp

    ReplyDelete

  31. http://fgroupindonesia.com/pelayanan/ujian-sertifikasi
    https://youtu.be/-SQTKyNtiAk

    Deskripsi:
    Dalam dunia kerja setiap orang dituntut untuk memiliki keahlian yang pantas dan sesuai bagi suatu perusahaan. Dalam prosesnya setiap calon pekerja hendaknya mempersiapkan berbagai macam keahlian dengan target timing yang telah diperkirakan. Sehingga pada saat pembukaan pendaftaran lowongan kerja, baik itu secara massal (job fair), expo, maupun non-masal kesempatan untuk apply kerja dapat dengan segera terpenuhi secara langsung.
    Kompetensi masing-masing calon pekerja menunjukkan kadar kemampuan yang akan menentukan suatu posisi dalam jenjang karir produktif.

    Untuk itu, dalam memenuhi keadaan tersebut, telah tersedia Ujian Sertifikasi Aplikasi Perkantoran yang membantu anda dalam :

    1) Bukti memiliki keterampilan skills komputer
    2) Proses aplikasi penerimaan lowongan kerja
    3) Hemat waktu dan ongkos total
    4) Ujian Sertifikasi Online (akses dari berbagai lokasi)
    5) Hasil Ujian Sertifkasi sehari sesudah dapat diambil

    Beberapa pilihan materi Ujian Sertifikasi yang telah terdata hingga kini diantaranya:
    1) Ms. Office (sepaket dengan Ms. Office, Word, Excel, Power Point dan Windows)
    2) Pemprograman Java, VB.NET, dan Database Mysql
    3) Desain Web (Php, CSS based)
    4) Desain Grafis (Coreldraw, Photoshop)

    Prasyarat:
    a. Mendaftar sebelum penentuan jadwal pelaksanaan.
    b. Memilih metode pelaksanaan (online / offline -ditempat).
    c. Memilih tipe ujian sertifikasi (lokal -indonesia / internasional -bahasa inggris).
    c. Submit foto warna 3x4 (2lbr), 2x3 (2lbr).
    d. Melengkapi kelengkapan administrasi diawal

    Address:
    FGroupIndonesia.com
    Jl. Parahyangan no.18,
    Komp. panghegar permai I,
    Ujung Berung, 40614 Jawa Barat,
    Bandung, Indonesia.

    Contact:
    Astri. SMS.WA 085795569337 / 085721261437
    BBM. 7CD59179 / 7DF95683


    FB : https://www.facebook.com/fgroupindonesia/
    Twitter : http://twitter.com/fgroupindonesia
    Google Plus : https://plus.google.com/114414655045459603522/posts

    ReplyDelete
  32. mba hesty...apa kabar? inget aku ngga? btw, makasih info cara buat skbn nya...:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @feria ria
      Ini feria FPIK undip? Kalo iya... Masih inget dooong :D
      Sama sama ;)

      Delete
  33. Mba biayanya klw d budi asih brp yaa mba
    Perkuliahan minta skbn

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Jefry Fernando
      Budi asih total 60rb untuk 1 zat yang di tes (klo saya ga salah ya)

      Delete
  34. infonya dong buat sekitaran ciputat , buat skbn dimana ya ? untuk keperluan kuliah nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @unknown
      Bisa di rumah sakit umum daerah sana.. atau puskesmas, atau polsek polres ;)

      Delete
  35. Mba mau nanya, untuk syarat mendaftar bekerja kira2 tes utk membuat SKBN sah/tidak jika dilakukan di RS swasta?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @ayu
      Sah-sah aja kok selama tidak ada syarat harus buat dimana ;)

      Delete
  36. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  37. Lab Kesehatan Daerah Prov DKI jakarta daerah rawasari ada juga, biaya nya 140rb

    ReplyDelete
  38. Saya lagi mau buat skbn di puskes kramatjati ga bisa, di pusdikkes 250rb, di rs budhi asih dah naik 225rb skrg, ada info yg lebih murah ga klo buat skbn di jaktim...mks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di rumah sakit persahabatan, rawa mangun, itu lebih murah dari rsud budi asih,gak nyanpe 200rb

      Delete
  39. Mbak mau tanya. Klo bagian keperluannya salah, misal seharusnya "persyaratan CPNS" tapi diisi "melamar CPNS" dan SKBN nya sudah jadi, apakah bisa mengganti keperluan yang salah tersebut? Dan apakah dikenai biaya lagi?

    ReplyDelete
  40. Salam,
    Mbak, kalau mau buat SKBN harus sesuai dengan KTP Domisili ya? Saya mahasiswi yang sedang menuntut Ilmu di Jkarta and Mau buat SKBN di Jakarta, pake KTP Makassar apa bisa ya?
    Mohon informasinya Mbak.

    Terima Kasih

    ReplyDelete
  41. Mba minta infonya' buat skbn di bnn masi bisa tidak?

    ReplyDelete
  42. Info skbn daerah jakarta timur yang murah dong... Mau bikin sekarang

    ReplyDelete
  43. Info skbn daerah jakarta timur yang murah dong... Mau bikin sekarang

    ReplyDelete
  44. Masa berlakunya skbn kira kira sampai kapan ya? Thanks

    ReplyDelete
  45. Masa berlakunya skbn kira kira sampai kapan ya? Thanks

    ReplyDelete
  46. Mb hesty Mau tanya, katanya update maret 2016 BNN ga bisa buat Surat keterangan bebas narkoba? Trus gmn dong..Saya memang Mau Cari yang murah
    BNN Tangerang sama aja bisa buat skbn Kan??

    ReplyDelete
  47. Gan masa berlaku surat keterangan bebas narkoba berapa bulan?

    ReplyDelete
  48. Ka aku mau tanya, kalau bikin SKBN itu harus sesuai domisili atau tidak ya? Terimakasih sebelumnya 😊

    ReplyDelete
  49. Ka aku mau tanya, kalau bikin SKBN itu harus sesuai domisili atau tidak ya? Terimakasih sebelumnya 😊

    ReplyDelete
  50. Sekarang di bnn cawang udah gak bisa bikin skbn. Tadi saya kesana, katanya udah pindah ke bnnp di kuningan. Gak bayar kok. Cuma kita di suruh bawa alat tes nya yang 7 macam. Sama botol tempat urine nya.

    ReplyDelete